ANI, Sahabat Kecil ku

 Anjungan Pantai Losari, Makassar, di situlah pertama kali aku mengenal dia, "ANI" begitu dia disapa. Seorang anak kecil usia 8 Tahun yang berjualan minuman dingin di sekitas Anjuangan Pantai Losari. Sekilas dia nampak seperti anak pedagang asongan lainnya, dengan keranjang kecil yang berisi barang dagangannya, dia berjalan mengitari anjungan hanya sekedar menawarkan dagangannya. Tak jarang didapatnya tolakan atau bahkan bentakkan dari orang sekitar anjungan losari. namun tak pernah surut niatnya untuk terus menjajakan dagangan.

Saat itu ketika sang mentari mulai bersembunyi dibalik lautan pantai Losari. Saat itu lah awal kami berjumpa, ketika seorang anak kecil datang menawarkan dagangannya. tak ada yang begitu menarikk dari dagangannya, tapi tak tau mengapa, ada semacam daya tarik sendiri samapi aku mau untuk bertanya kepadanya.

"nama nya sapa dek?" tanya ku.
"ani, kak" dia menjawab
Pertanyaan demi pertanyaan ku lontar kan,
"sekolah g dek?"
"tinggal dimana?"
"mpe jam berp dagangnya??"
"umurnya berapa?"
dengan nada polos dia menjawab dan sedikit merayu agar ku mau membeli dagangan.
"ini kk tanya2 terus, beli meki kodong satu saja....."
kemudian dijawabnya satu persatu pertanyaan ku.


Sudah tidak begitu jelas ku ingat jawaba si Ani, yang pastinya dia masih sekolah katanya, sekolah SD gitu jawabnya. tinggal g jauh dari anjungan pantai losari, dagang mulai bis pulang sekolah sampe jam 10 malam, tapi katanya dengan polos kalau sabtu dagangnya nambah satu jam dari biasanya.

hmmmm.... miris rasanya mendengar ceritanya, umurnya yang belumlah dewasa tapi kehidupan memaksanya untuk berpikir layaknya orang dewasa, perjuangan hidupnya tidaklah serupa anak anak seusia. Tapi itu lah Ani, cuma dengan senyum dan sedikit gaya narsisnya ketika ku arahkan kamera ku kepadanya. Pengen bergaya kayak model gitu katanya ^^


 Sikapnya yang ramah dan tak ada rasa canggung buat ku lebih cepat akrab dengannya. Dialah Ani sahabat kecil ku di anjungan pantai losari. Sahabat kecil yang mengajarkan ku beberapa pelajaran kehidupan, sahabat kecil yang mengajarkan ku bahawa sesungguhnya hidup tidak semudah kelihatannya. sahabat kecil yang mengajarkan ku bahwa kesulitan hidup bukan lah penghalang kita untuk selalu tersenyum  :)
 

Banyak terima kasih ku untuk mu sahabat kecil ku atas pelajaran hidupmu....
Banyak rindu ku untuk mu sahabat kecil ku...
Teruntuk mu....
~ A.N.I ~




Tidak ada komentar:

Posting Komentar